Apa itu Google Adsense? si Mesin Uang Para Blogger

apa-itu-google-adsense


Anda pasti penasaran Apa itu Google Adsense? Kenapa banyak sekali bermunculan blogger-blogger baru ditanah air yang kini ramai-ramai mengejar "hati" si Google AdSense.

Alasannya, tak lain dan tak bukan, karena Google AdSense bisa menghasilkan uang bagi para blogger diseluruh dunia. Bahkan Google AdSense bisa menjadi sumber pendapatan utama yang sangat menjanjikan saat ini.

Percaya tidak percaya, beberapa deret nama seperti Yosef Ardi, Asri Tadda, dan Joko Susilo hanya tiga orang dari ratusan blogger Indonesia yang sukses dalam menjalankan program AdSense dan telah meraup puluhan bahkan ratusan juta setiap bulannya.
"Wah, uang sebanyak itu buat apa yah?? hihihiii..."
Tapi, satu hal yang harus anda catat dalem-dalem dari kisah sukses mereka adalah tekun dan tidak setengah-tengah, mereka mau berusaha. Semua memang tidak semudah membalikan telapak tangan.

Cuma, kalau mereka aja bisa, kenapa kita tidak bisa? kita juga pasti bisa. Asal, kita berani memulai dan mau berusaha. Jangan cuma mimpi, tapi langsung action.

Apa itu Google AdSense?
Google AdSense merupakan salah satu program kerjasama dalam dunia periklanan (advertising) yang dikelola oleh raksasa internet dunia, Google. Melalui program ini, para blogger ataupun pemilik website dan youtuber yang ingin menjalin kerjasama dalam program adsense harus mengajukan permohonon terlebih dulu kepada pihak google melalui situs resmi Google AdSense sendiri. (Baca : Cara mudah daftar Google Adsense)

Setelah melakukan peninjauan, team google adsense biasanya akan mengirimkan e-mail yang berisi keputusan apakah situs yang diajukan sudah memenuhi kriteria dan sesuai kebijakan google atau belum.

Jadi sangat penting bagi kita untuk membaca dan memahami kriteria blog/website yang disukai google adsense, serta kebijakan google apa saja yang tak boleh diabaikan oleh calon publisher adsense. Ini adalah persiapan penting yang harus anda lakukan sebelum mendaftar google adsense. (Baca: Hal yang harus dipersiapkan sebelum daftar adsense agar diterima)

Google AdSense dihadirkan sebagai sebuah program periklanan yang memfasilitasi para pemilik blog ataupun website untuk memasang dan mempromosikan iklan dari para advertiser (penyedia iklan) dalam situs yang dimiliki. Penyedia iklan atau advertiser ini biasanya adalah perusahaan-perusahaan atau organisasi bisnis yang telah terdaftar diprogram pengiklanan google. 

Sejarah Google Adsense

Setelah Google berhasil mengakuisisi Pyra Labs pada bulan februari 2003, Program Google AdSense akhirnya diluncurkan.

Lebih tepatnya, pada tanggal 4 Maret 2003, oleh CEO dan Chairman Google, Erick Schmidt yang secara resmi mengumumkan peluncuran program layanan iklan bertarget yang dinamainya adsense ini. Disebut "iklan bertarget" karena iklan-iklan para advertiser hanya akan ditayangkan sesuai dengan isi atau konten yang dimiliki sebuah blog atau website. Misalnya, blog yang berisi seputar kesehatan, maka iklan yang muncul juga adalah iklan yang berhubungan dengan kesehatan. Artinya, iklan yang ditayangkan disetiap blog akan berbeda-beda,

Untuk mendukung program adsense sebagai layanan iklan bertarget ini, pihak Google juga kembali mengakuisisi Applied Semantics pada tanggal 23 April 2003. Applied semantics dinilai memiliki teknologi yang sangat mendukung dalam menjalankan adsense sendiri.

Pada tahun-tahun awal didirikan, khususnya program Adsense for content hanya mendukung situs dalam bahasa inggris, beberapa bahasa negara Eropa, Timur Tengah dan Asia timur, serta dikawasan Asia tenggara hanya diwakili oleh bahasa Thailand saja.

Namun pada februari 2012, akhirnya Adsense for content juga telah mendukung situs dengan berbagai bahasa di dunia, salah satunya bahasa Indonesia. Hingga saat ini, google adsense telah mendukung 36 bahasa negara-negara di dunia.

Pada perkembangan selanjutnya, tepat 7 November 2012 pihak google kembali melakukan pembaruan pada aplikasi permohonan AdSense bagi publisher baru yang ingin menayangkan iklan AdSense disitus mereka. Bagi publisher baru yang mendaftarkan diri melalui akun blogger, youtube, dan Hubpages akan memiliki akun host (hosted account). Sejak saat itulah, akun AdSense dibedakan menjadi 2 jenis akun, yaitu AdSense hosted account dan AdSense non-hosted account. (Baca: Perbedaan antara AdSense hosted account dan non-hosted account)

Menurut catatan resmi google, program AdSense telah memiliki lebih dari dua juta publisher diseluruh dunia.

Cara Kerja Google AdSense
Saat ini, Google AdSense bisa jadi adalah salah satu media terbaik untuk para pelaku bisnis (perusahaan/advertiser) untuk mempromosikan sekaligus memasarkan produk mereka. Apalagi kalau mengingat bahwa masyarakat saat ini jauh lebih sering berintraksi dengan dunia internet dibanding teknologi lain seperti televisi dan radio, maupun media cetak.

Secara garis besar, cara kerja Google AdSense dalam kerja sama dengan kita sebagai pemilik website adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai pemilik website/blog anda hanya perlu menyediakan ruang untuk pemasangan iklan dengan cara menempatkan kode iklan yang akan tersedia dihalaman akun Google Adsense milik anda.
  2. Iklan yang membayar paling tinggi akan muncul disitus anda. Artinya pengiklan (advertiser/perusahaan) akan menawar untuk ditampilkan iklannya diruang pemasangan iklan disitus yang sudah anda sediakan sebelumnya kepada team google adsense. Dan hanya iklan dengan tawaran yang membayar paling mahal yang akan ditayangkan diwebiste/blog anda.
  3. Anda akan dibayar oleh google setelah penghasilan anda mencapai ambang batas pembayaran.
Penghasilan (income) yang kita peroleh sangat tergantung pada biaya Cost Per Click (CPC) yang dipasang oleh pengiklan/perusahaan dalam setiap klik pada iklan tersebut. Jadi kita akan memperoleh jumlah penghasilan yang berbeda-beda dari setiap iklan yang tampil dan diklik oleh pengunjung blog atau website.

Jadi, secara keseluruhan,dapat kita simpulkan bahwa ada 4 aktor utama yang berperan dalan menjalankan progam layanan iklan Google Adsense ini. Siapa sajakah mereka, yuk simak lagi

Petama, Advertiser (Pengiklan)
Adalah mereka para pelaku bisnis (biasanya perusahaan-perusahaan besar) yang ingin mempromosikan dan memasarkan produk mereka melalui iklan di google adsense. Advertiser adalah pihak yang menyediakan iklan produk atau jasa yang mereka miliki dan ingin ditayangkan melalui blog atau website yang telah menjalin kerja sama dengan Google AdSense.

Jadi, pihak Advertiser juga merupakan pihak yang menetukan seberapa besar biaya cost per clik yang akan menjadi bayaran kita selaku publisher jika iklan tersebut diklik oleh pengunjung blog atau website.

Dalam menjalin kerja sama dengan layanan iklan google, khususnya google adsense, para advertiser dapat memilih beberapa bentuk layanan iklan yang disediakan, misalnya:

  1. Adsense for content, merupakan bentuk layanan iklan google yang akan ditampilkan pada halaman blog atau website. Seperti iklan-iklan yang dapat anda lihat diwebsite ini.
  2. Adsense for search, merupakan iklan google dalam bentuk kolom pencarian google (google search) yang juga biasa ditampilkan dihalaman-halaman blog atau website.
  3. Adsense for video. Bentuk layanan iklan google ini biasanya ditayangkan di video-video youtube milik para publisher adsense yang sudah terdaftar.
  4. Adsense for mobile, merupakan bentuk iklan google adsense yang biasa ditayangkan pada perangkat mobile atau android.
Kedua, Penyedia Layanan Iklan
Dalam hal ini, yang bertindak sebagai penyedia layanan iklan adalah Google sendiri. Jadi bagi perusahaan atau advertiser yang berminat memasang iklan produk mereka melalui google harus memiliki akun Google Adword terlebih dahulu. Dan melalui akun inilah, para advertiser dapat menjalin kerja sama penayangan iklan bersama google.

Ketiga, Publisher AdSense
Publisher merupakan pihak yang akan membantu google dalam menayangkan iklan-iklan para advertiser yang sudah terdaftar di google. Atau sederhananya, kita sebut saja "pemilik blog/website" yang sudah diterima oleh google adsense sebagai publisher. Jadi syarat utama menjadi seorang publisher adsense adalah harus sudah memiliki blog atau website yang sudah berisi artikel-artikel yang bermanfaat.

Sebelum bisa menjadi seorang publisher AdSense dan meraup banyak keuntungan finansial, seorang blogger atau pemilik website harus mengajukan permohonan terlebih dulu kepada pihak Google AdSense.

Pihak atau team Google AdSense akan meninjau blog atau website yang diajukan oleh pemilik website dalam dua tahap penijauan. Jika dianggap layak dan memenuhi kriteria serta tidak melanggar ketentuan webmaster google, maka blog/website bersangkuta akan diterima sebagai publisher AdSense dan berhak menayangkan iklan google adsense diwebsitenya.

Keempat, Konsumen
Nah, ini dia aktor terakhir dalam siklus layanan iklan Google AdSense. Komsumen adalah mereka yang tertarik pada produk-produk yang ditawarkan oleh para advertiser dan melakukan klik pada iklan yang kita pasang diblog atau website. Atau kita sebut saja sebagai pengunjung blog atau website.

Bagaimana, Apa Anda tertarik menjadi salah satu publisher AdSense?
Seperti yang sudah saya katakan diawal, Google AdSense bisa jadi adalah salah satu media terbaik yang akan digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar penyedia berbagai produk dan jasa untuk mempromosikan dan memasarkan produk mereka.

Alasannya, saat ini interaksi masyarakat terhadap dunia internet sangat tinggi dibanding dengan media lain seperti TV, radio, ataupun media cetak lainnya. Sehingga persaingan pihak advertiser atau perusahaan pengiklan juga akan semakin memanas untuk mendapat tempat menayangkan iklan mereka diberbagai media online, seperti blog atau website yang setiap harinya ramai dikunjungi oleh para pembaca.

Yang lebih menarik, sistem dalam google adsense akan membuat advertiser atau perusahaan yang menawar  harga paling tinggi untuk biaya cost per click yang dapat menampilkan iklan diblog atau website yang kita miliki. Sehingga, penghasilan dan keuntungan yang kita peroleh sebagai publisher juga akan semakin besar.

Karena itulah, saat ini banyak blogger dan pemilik website yang telah merasakan manisnya menjadi publisher AdSense. Tak tanggung-tanggung, mereka sudah banyak yang dapat meraup penghasilan hingga puluhan dan ratusan juta setiap bulannya.

Demikian perkenalan singkat kita dengan Google AdSense. Dan jika anda tertarik dan mau mencoba menjadi salah satu publisher AdSense, silakan baca Panduan dan Tips Sukses Google AdSense Terlengkap yang sudah saya tulis. Semoga sedikit ilmu dan pengalaman yang saya bagikan melalui tulisan-tulisan diblog ini dapat memberikan manfaat dan motivasi bagi sahabat berbisnis.info.
Share on Google Plus

About David Jeta

0 komentar:

Post a Comment