Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog dan Website

Cara mudah membuat Disclaimer - Diartikel sebelumnya, kita sudah membahas secara rinci dan gambalang soal Cara Membuat Contact Us agar pengunjung blog atau website dapat berintraksi langsung dengan kita selaku pemilik blog atau website. Bagi anda yang belum membaca dan membuat contact us tersebut, silakan dibaca dan dibuat dulu, karena pada saat kita mengikuti cara membuat disclaimer nanti, kita akan membutuhkan halaman contact us blog atau website yang sudah jadi atau sudah dipublish. Jadi silakan dibuat dulu ya...

cara-membuat-disclaimer-blog-dan-website


Pada tulisan kali ini, Kami akan kembali sharing tentang cara membuat satu lagi halaman blog yang harus ada ketika anda akan mendaftarkan blog kepada team Google AdSense, yakni halaman atau laman yang disebut Disclaimer.

Menurut banyak master blogger yang sudah lama berkecimpung dalam program Adsense dan telah memiliki banyak pengalaman, menilai bahwa keberadaan halaman disclaimer dalam sebuah blog atau website akan membuat blog terlihat lebih profesional dalam peninjauan oleh google AdSense selama proses pengajuan permohonan menjadi publisher adsense.

Lalu, Apa sebenarnya Disclaimer itu ?

Disclaimer merupakan istilah yang biasa digunakan dalam dunia maya oleh para pemilik website. Kalau dibahasa Indonesiakan, disclaimer diartikan sebagai sebuah aturan atau peraturan yang harus disetujui oleh pengguna atau pengunjung yang mengakses blog atau web yang bersangkuan.

Oleh karena itu, keberadaan disclaimer sendiri menjadi sangat penting. Terutama untuk menginformasikan kepada pengguna atau pengunjung yang mengakses blog atau website kita agar dalam melakukan interaksi pada halaman situs yang diakses, baik berupa komentar, share, upload , dan tindakan lainnya untuk tetap saling menghargai sesama pengguna atau pengunjung lainnya dan pemilik halaman blog atau website.

Cara Membuat Laman Disclaimer

Cara membuat disclaimer sebenarnya sangat mudah. Namun sampai saat ini, masih banyak blogger atau pemilik website ditanah air yang masih sering dilanda kebingungan soal apa yang harus ditulis dalam laman disclaimer. Mulai dari mana, dan apa-apa yang harus dicantumkan.

Sebenarnya, ada banyak cara membuat disclaimer yang bisa sahabat Berbisnis lakukan. Bisa menulis sendiri dengan gaya bahasa yang kamu miliki, atau bisa lewat jalan yang lebih simpel dengan menggunakan tools online gratis (seperti dikebanyakan laman disclaimer situs-situs di Indonesia).

Cara membuat Disclaimer untuk blog dan website :

1. Silakan langsung mengunjungi situs yang menyediakan layanan membuat disclaimer ini, yaitu www.privacypolicyonline.com/disclaimer-generator/ dan anda akan langsung dibawa ke halaman pertama pembuatan disclaimer.

2. Sekarang silakan isi form "Your Site Information and Contact" yang tersedia sesuai dengan data identitas blog atau website anda. Kurang lebih seperti tampak pada gambar berikut.
membuat-disclaimer

Keterangan:

  • "Your site title" diisi dengan nama blog atau website anda
  • "Your site URL" diisi dengan alamat url blog atau website anda, misalnya www.uangtoday.com
  • "Contact Link" diisi dengan alamat url halaman contact us yang sudah kita buat sebelumnya. Jika anda belum, silakan dibuat dulu disini.
  • "Email Address" diisi dengan alamat email anda.
3. Kemudian pilih "Encrypt Email with HTML" lalu klik "Generate Disclaimer"

4. Setelah itu anda akan dibawa kehalaman baru. Disini silakan copy paste kode scirpt yang diberikan.

5. Buka dasbor blog anda, dan pilih buat "laman baru". Lalu copy paste kode HTML tadi dalam mode "HTML" (bukan compose) seperti yang kita lakukan ketika membuat laman contact us.

Terakhir, silakan anda "publish" halaman disclaimer baru tersebut.

Hasil dari halaman atau laman disclaimer yang kita buat tersebut menggunakan bahasa inggris. Hal ini tak masalah dalam memenuhi persyaratan google adsense. Namun jika anda kurang merasa nyaman dan ingin mengubahnya kedalam bahasa Indonesia, silakan teman-teman terjemahkan sendiri dan kemudian tulis dengan gaya bahasa yang disuka. Untuk contoh disclaimer dalam bahasa Indonesia dapat temen-temen lihat disini.

"Penting"
Kalau anda ingin menulis sendiri secara manual halaman disclaimer, silakan perhatikan hal-hal berikut yang harus dan wajib anda tulis didalamnya.
  1. Cantumkan bahwa blog atau website anda dibuat dengan tujuan yang baik dan semata-mata hanya untuk berbagi informasi.
  2. Pemilik blog atau website tidak bertanggungjawab atas tindakan nyata dari pengunjung blog atas dasar penggunaan informasi yang diperoleh dari blog atau website anda.
  3. Pernyataan "Persetujuan" bahwa dengan menggunakan atau mengakses blog atau situs anda, berarti pengunjung dianggap sudah menyetujui disclaimer dan semua ketentuan-ketentuan didalamnya.
Ketiga hal ini sangat penting dalam menjaga kredibilitas dan melindungi anda sebagai blog atau website

Nah, sejauh ini berarti kita sudah membuat halaman "contact us" dan "disclaimer", untuk selanjutnya mari kita belajar cara membut halaman "Privacy Policy" atau "Kebijakan Privasi".

Semoga tulisan kali ini bermanfaat bagi temen-temen blogger pemula. Dan tentu, semoga dapat membantu dalam mencapai kesuksesan sebagai seorang blogger dan publisher AdSense. Aminnn...
Share on Google Plus

About David Jeta

1 komentar:

  1. Disclaimer itu hal apa saja hal-hal yang memungkinkan berdampak negative yang akan disangkal terkait service yang diberikan di website.

    ReplyDelete