Type something and hit enter

On
Daftar-daftar Bank Terbaik versi majalah investor ini merupakan bank-bank ditanah air yang mendapatkan predikat sebagai bank terbaik setelah melalui serangkaian pemeringkatan dan terbukti memiliki keunggulan-keunggulan yang sangat menjanjikan. Pengumuman terkait Bank terbaik ini dilaksanakan dalam acara puncak Majalah Investor Awards yang telah dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 2 Juni 2016 yang lalu.



Dalam acara tersebut, tercatat sebanyak 15 bank umum nasional terpilih dan dinobatkan sebagai bank-bank terbaik versi majalah investor tahun 2016.

bank-terbaik-indonesia

Pertaman, penentuan Bank terbaik ini dikelompokan berdasarkan jumlah kekayaan aset yang dimiliki oleh setiap Bank. Pada level kekayaan aset diatas Rp. 100 triliun, ada tiga bank yang tampil sebagai bank terbaik ditanah air, yakni:
  1. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI)
  2. PT Bank Mandiri Tbk, dan
  3. PT Bank Central Asia Tbk (BCA)
Sedangkan untuk level bank terbaik dengan level kekayaan aset diantara Rp. 25 triliun hingga Rp. 100 triliun,  tiga bank berikut inilah yang pada acara tersebut tampil sebagai yang terbaik versi majalah investor:
  1. PT Bank KEB Hana Indonesia
  2. PT Bank Mayapada Internasional Tbk, dan
  3. PT Bank Mega Tbk.
Selanjutnya, untuk bank dengan kekayaan aset Rp. 1 triliun hingga Rp. 25 triliun dinobatkan sebagai bank terbaik adalah PT Bank Multiarta Sentosa, PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk, dan Bank Index Selindo.



Tak hanya itu, dalam ajang penghargaan kepada bank terbaik yang telah lolos pemeringkatan oleh majalah investor ini juga meliputi bank-bank milik daerah atau Bank Pembangunan Daerah (BPD). Untuk penghargaan sebagai bank terbaik bagi bank-bank daerah ini dibagi menjadi dua kategori, yakni bank daerah dengan jumlah kekayaan aset diatas Rp. 10 triliun dan dibawah Rp. 10 triliun.

Untuk kategori bank daerah dengan aset diatas Rp. 10 triliun, ada tiga bank daerah yang tampil sebagai yang terbaik dalam ajang penghargaan ini, yakni:
  1. PT Bank Sulselbar
  2. PT Bank Bali
  3. PT Bank Kalimantan Barat
Sedangkan untuk bank daerah dengan kekayaan aset dibawah Rp. 10 triliun, Bank PT BPD Lampung, PT BPD Kalimantan Tengah, dan PT BPD Nusa Tenggara Barat berhasil tampil sebagai yang terbaik.

Dalam sambutannya, Pemimpin Redaksi Majalah Investor, yakni Primus Dorimulu mengatakan bahwa bank-bank terbaik yang menerima penghargaan dalam ajang majalah investor awards ini adalah bank-bank yang telah berhasil lolos pada seleksi awal. Kemudian terpilih dalam proses pemeringkatan oleh dewan juri menggunakan kriteria-kriteria yang telah dirumuskan.

Seleksi Awal



Setelah melewati tahap seleksi awal untuk menentukan bank terbaik indonesia ini, tidak semua bank yang beroperasi ditanah air dapat mengikuti tahap pemeringkatan. Karena dalam tahap awal ini, tim juri telah merumuskan berbagai kriteria untuk bank-bank agar dapat lolos dan mengikuti tahap pemeringkatan.

Kriteria-kriteria tersebut antara lain tidak mendapat opini disclaimer dalam laporan keuangan tahun buku 2015, CAR minimum 10%, GWM (Giro Wajib Minimum) tidak kurang dari 8% (± insentif LDR), laba bersih dan laba oprasional tahun 2015 positif, tidak terkena sanksi otoritas, serta aset 2015 untuk bank umum nasional dan BPD minimal 1 triliun rupiah.

Berdasarkan kriteria tersebut, dari 118 bank yang beroperasi sampai dengan bulan mei 2015, hanya 83 bank yang dapat ikut dalam pemeringkatan. Sedangkan 38 bank lainnya, ada yang tak memenuhi kriteria tersebut dan ada pula yang memang tidak ikutkan karena memiliki kriteria khusus, seperti bank-bank syariah.

Tahap Pemeringkatan

Dalam tahap pemeringkatan, tim juri juga telah menentukan 12 kriteria yang akan dijadikan pedoman.

12 kriteria yang digunakan dalam pemeringkatan tersebut antara lain: ROA 2015 (Return On Asset), CAR 2015 (Capital Adequacy Ratio), BOPO 2015 (Perbandingan Beban Oprasional dengan Pendapatan Oprasional), ROE 2015 (Return On Equity), NPL 2015 (Non Performing Loan), NIM 2015 (Net Interest Margin), LDR 2015 (Loan to Deposit Ratio), Pertumbuhan laba oprasional, ratio cost to asset, pertumbuhan pendapatan bunga bersih, pertumbuhan pendapatan oprasional selain bunga, dan pertumbuhan kredit.



Dalam penilaian, Sigit Pramono selaku ketua tim juri mengatakan bahwa saat ini bank-bank diharapkan untuk selalu berinovasi agar lebih efisien. Karena dengan mengedepankan efisiensi, maka persaingan antar bank akan semakin miningkat, sehingga bisa diperkirakan bahwa bank-bank akan menurunkan suku bunga mereka. Dengan begitu, otomatis bank-bank juga akan menurunkan NIM (Net Interest Margin).

"Bank-bank yang efisien perlu kita berikan insentif" ujar Sigit Pramono yang juga selaku ketua umum perbanas.

Dalam acara majalah investor awards ini, selain memberikan penghargaan kepada bank-bank diatas, majalah investor juga telah memberikan penghargaan khusus kepada tiga bank, yakni:
  1. PT Bank Jawa Barat dan Banten (BJB) sebagai Bank dengan modal inti terbesar dikategori buku III
  2. PT Bank Nusa Tenggara Timur sebagai bank pembangunan daerah yang efisien dan produktif
  3. PT Bank Tangungan Negara (Persero) sebagai bank dengan pertumbuhan laba tertinggi.
Itulah daftar bank-bank terbaik versi Majalah Investor 2016. Anda termasuk nasabah bank mana?

Click to comment