7 Cara Cerdas Menemukan Ide Bisnes Melalui Sosial Media

Interaksi sosial yang sangat tinggi didunia maya, khususnya yang terjadi diantara para pengguna media sosial, harusnya menjadi peluang tersendiri kalau Anda mempu berpikir sebagai seorang pembisnis sejati. Berbagai fenomena dan dinamika yang terjadi dalam interaksi-interaksi tersebut bisa memancing munculnya berbagai ide bisnis yang menjanjikan.

Umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan media sosial hanya untuk saling like atau berkomentar status, mencari teman dan berbagi foto atau video. 
Bahkan, ada yang hampir setiap hari menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, twitter, atau yang lainnya, hanya untuk sekedar menghabiskan waktu (alias tidak ada kerjaan). 😆





Padahal dengan jumlah pengguna media sosial yang sangat banyak dan aktif hampir setiap hari, kita bisa memanfaatkan berbagai platform media sosial tersebut untuk mulai berbisnis dan menghasilkan uang sendiri.


Namun, seperti khasus-khasus yang sering saya temui, tak banyak masyarakat Indonesia yang berpikir ke arah ini. Masih banyak yang lebih senang memanfaatkan media sosial hanya untuk menunjukan eksistensi diri saja.


Kalaupun ada yang berpikir untuk memanfaatkannya sebagai peluang bisnis, biasanya banyak juga yang masih bingung harus memulai dari mana. Apa yang harus dipersiapkan? atau apa yang harus dilakukan?


Mencari Peluang Bisnis

Seperti kebanyakan pelaku bisnis lainnya, maka yang pertama harus dilakukan adalah menemukan ide bisnis yang cocok dan sesuai dengan keahlian kamu.

Dan tidak kalah penting, juga harus sesuai dengan modal yang kamu miliki saat ini.

Terus, bagaimana caranya? 

Ada banyak cara ampuh menemukan ide bisnis jika kamu sedikit jeli melihat peluang dan fenomena yang ada. Termasuk, kamu bisa mencari inspirasi bisnis melalui kehidupan dan intraksi yang kerap terjadi diantara pengguna media sosial.


Mencari ide bisnis terbaru? kunjungi halaman Ide Bisnis kami ]

Berikut, ada 7 cara cerdas menemukan ide bisnis melalui media sosial yang bisa kamu jadikan referensi.



7-Cara-Menemukan-Ide-Bisnis-Media-Sosial


1. Cari pertanyaan-pertanyaan yang muncul di Media Sosial.


Saat ini, banyak orang yang cenderung memanfaatkan media sosial untuk mengungkapkan banyak hal dalam kehidupannya. Misalnya curhat seputar masalah percintaan, persahabatan, serta berbagai pertanyaan-pertanyaan terkait kehidupan sehari-harinya.

Bahkan jika membutuhkan sesuatu yang tidak dapat ditemukan sendiri, banyak pengguna media sosial yang melemparkan pertanyaan-pertanyaan melalui timeline, atau beranda media sosial.


Kebingungan dan kebutuhan orang lain yang ditunjukan melalui berbagai pertanyaan-pertanyaan disosial media tersebut dapat menjadi peluang bisnis yang bisa kamu ambil.


Misalnya, kamu menemukan seorang teman atau pengguna media sosial menanyakan suatu barang atau jasa didaerah tertentu. Kamu tinggal survei apa barang/jasa yang ditanyakan tersebut sudah ada atau belum. Kalaupun sudah ada, berapa banyak? apakah persaingannya jika kamu juga menggeluti bisnis atau usaha dibidang tersebut tinggi atau rendah. Kamu bisa mempertimbangkannya untuk memulai bisnis baru.





2. Lihat Komentar-komentar di Pinterest.


Pinterest merupakan salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh warga dunia. Di Indonesia sendiri, pengguna media sosial satu ini juga terbilang cukup banyak.


Di media sosial satu ini, kamu bisa menemukan berbagai gambar-gambar ide kreatif yang disuguhkan dari seluruh belahan dunia. Itulah kenapa Pinterest bisa menjadi salah satu tempat kamu bisa menemukan ide-ide bisnis baru yang masih segar dan memiliki peluang besar untuk berhasil.


Selain melihat berbagai bentuk kreatifitas yang disuguhkan di Pinterest, kamu juga bisa menemukan ide-ide bisnis dari berbagai komentar-komentar yang muncul atau interaksi dari pengguna-pengguna media sosial yang ada. 


Biasanya, komentar-komentar yang muncul seputar kritik atau saran untuk perbaikan sebuah produk atau jasa yang ada. Atau bisa juga muncul berbagai komentar yang menunjukan bahwa orang-orang tersebut membutuhkan barang/jasa seperti yang tersedia atau diupload oleh pengguna media sosial pinterest.


Dari sini, kamu bisa tuh menemukan ide-ide bisnis baru yang sekiranya memiliki peluang bagus dan cocok dengan kemampuan kamu.



3. Bergabunglah di berbagai grup-grup atau jejaring media sosial


Untuk menemukan ide bisnis lainnya, kamu harus bergabung kedalam berbagai komunitas online di berbagai platform media sosial. Misalnya, grup-grup atau jejaring media sosial yang sudah ada.


Utamakan untuk bergabung dikomunitas/grup/jejaring media sosial yang sudah memiliki followers atau anggotanya yang sudah banyak. Hal ini penting agar menjamin interaksi antar pengguna atau anggota berjalan dalam ritme yang cukup tinggi.


Menurut beberapa pelaku bisnis, salah satu grup atau jejaring yang disarankan untuk bergabung adalah grup/jejaring komunitas belanja online. Ditempat ini kamu memiliki banyak kesempatan untuk mengidentifikasi peluang-peluang bisnis baru yang lebih segar. 


Kamu juga bisa sedikit mencuri ilmu-ilmu bisnis (seperti strategi marketing) melalui pelaku-pelaku bisnis yang sudah tergabung dalam grup/jejaring tersebut. 


4. Lihat Kompetitor atau Pesaing Anda.


Selanjutnya, salah satu cara yang paling ampuh untuk menemukan ide bisnis baru adalah dengan diam-diam memantau setiap aktivitas media sosial para pemain besar (pelaku bisnis) yang akan menjadi pesaing/kompetitor di industri/bidang dimana anda juga memiliki minat dan ketertarikan untuk menjalankan bisnis yang sama.





Matthew Reischer (CEO LegalAdvice.com) pernah mengatakan, "Trik menggunakan media sosial untuk menemukan ide bisnis baru sekaligus tetap mengikuti tren saat ini adalah dengan memantau pesaing anda."


Kamu hanya perlu memantau setiap pergerakan mereka (melalui postingan atau tweet), bagaimana mereka melakukan pemasaran, termasuk bagaimana inovasi-inovasi yang mereka lakukan. Kemudian bagaimana respon konsumen (pengguna media sosial), bagaimana komentar, kritik, atau saran yang mereka berikan.


Dari sini, kamu sudah bisa mengumpulkan informasi-informasi yang lebih banyak dan lengkap terkait ekosistem pasar yang akan kamu geluti. Menghubungkan setiap informasi dan menemukan ide bisnis baru.


5. Perhatikan Komplain atau Keluhan yang muncul.


Sekali lagi, saya ingin mengatakan bahwa media sosial merupakan salah satu tempat/media yang banyak digunakan untuk mengeluh tentang segala hal, termasuk terkait produk-produk dan layanan jasa.


Membaca setiap keluhan atas produk atau layanan jasa yang beredar dimedia sosial memang bukan hal yang menyenangkan. Tapi jika kamu menemukan banyak orang mengeluh tentang hal yang sama, kamu dapat mengidentifikasinya sebagai sebuah kesenjangan pasar yang sedang terjadi.


Sebagai seseorang yang memiliki jiwa bisnis, melihat keluhan-keluhan terhadap suatu barang atau jasa yang terjadi secara umum, kamu bisa menjadikannya untuk memancing ide-ide bisnis yang baru.


Seorang Nicky Barua (Pendiri Nidel Dresses), pernah mengatakan, "Silakan kamu bergabung dalam forum-forum online dan temukan apakah ada pasar besar yang sedang mengalami permasalahan (keluhan) yang sama. Itulah saat yang tepat untuk menawarkan ide bisnis baru untuk menjawab atau solusi atas keluhan yang ada." 


6. Cari dan Temukan Tren.


Untuk menemukan ide bisnis baru, kamu bisa menggunkan akun media sosial untuk berintraksi dan menemukan sebuah tren.





Lilia Karimi, Pendiri WedWell, saat sedang mencari-cari di internet tentang ide bisnis dibidang pernikahan, dia banyak menemukan pelaku-pelaku bisnis dibidang tersebut hanya berfokus pada perencanaan pernikahan atau penurunan berat badan pengantin. Sangat jarang ada yang membicarakan masalah kesehatan dan manajemen emosi dalam sebuah pernikahan. Jadi, Lilia kemudian memutuskan untuk mengisi celah pasar tersebut. Ia mendirikan WeWell yang bergerak di industri pernikahan, tapi menawarkan jasa sebagai konsultan kesehatan dan manajemen emosi dalam sebuah pernikahan atau rumah tangga.


Menurut Lilia, untuk mendapatkan inspirasi sebuah ide bisnis baru, seseorang harus mau berpikir lebih detai dan menemukan celah pasar dan menciptakan sebuah tren baru yang belum terpikirkan oleh orang lain.


7. Manfaatkan Hashtag (#)


Terakhir, kamu bisa menemukan ide bisnis baru dengan memanfaatkan hashtag yang disediakan media sosial seperti twitter atau instagram. 


Kamu hanya perlu memutuskan industri atau bidang yang diminati dan sesuai dengan keterampilan kamu. Kemudian memanfaatkan fasilitas hashtag untuk menemukan apa yang sedang banyak diperbincangkan oleh jutaan pengguna media sosial. Dengan begitu kamu bisa menemukan ide bisnis yang lebih relevan untuk dijalankan saat ini.


Tak hanya itu, dengan memanfaatkan fasilitas hashtag kamu juga bisa memprediksi target pasar dan pesaing dalam industri tersebut.


Itulah 7 cara cerdas menemukan ide bisnis melalui media sosial yang bisa kami bagikan melalui artikel ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman sekalian menemukan ide bisnis baru yang masih segar dan berpeluang besar untuk mendapat respons pasar yang baik.


Salam Berbisnis !
Share on Google Plus

About David Jeta

0 komentar:

Post a Comment